Indonesia Ajak Negara G20 Kesetaraan Digital

Indonesia Ajak Negara G20 Kesetaraan Digital

Jakarta (IReportase) – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak negara anggota G20 untuk meningkatkan inklusi dan kesetaraan digital agar transformasi digital terwujud dan bisa bangkit dari pandemi COVID-19.

“Dibalik krisis akibat pandemi COVID-19, momentum ini juga telah membuka banyak peluang baru menciptakan teknologi baru, mendorong inovasi digital dan ekonomi digital,” kata Menteri saat Pertemuan Menteri Digital G20 yang diadakan secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya bahwa inklusi  dan kesetaraan dalam mewujudkan transformasi digital merupakan hal yang penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dari PBB.

Digitalisasi sebagai pendorong utama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tersebut. Lalu, pemanfaatan data adalah hal yang penting dalam ekonomi digital. Untuk itu Indonesia menekankan Pertemuan G20 perlu membahas cross-border data flow dan data free flow with trust. Agar negara-negara anggota G20 mencapai pemahaman bersama tentang apa yang dimaksud dengan kepercayaan (data free flow with trust).

Pemerintah Indonesia melihat perlu ada kolaborasi dengan mitra lintas negara, organisasi internasional, pihak swasta dan pemangku kepentingan lainnya dalam pemanfaatan data untuk ekonomi digital, demi mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi virus corona.

“Untuk negara-negara anggota G20 untuk terus membuat perubahan berarti dalam kebijakan mereka melalui pengembangan digital, mendorong inovasi untuk smart city, serta meningkatkan pelayanan publik melalui pemerintahan digital dan modernisasi,” tutup  Menteri. (IR-11)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *