BI Institute Bekali Pemda Economic Leadership

BI Institute Bekali Pemda Economic Leadership

Jakarta (IReportase) – Webinar program economic leadership for Regional Government Leader (REL) digelar Bank Indonesia (BI) Institute secara virtual, Senin (1/11/2021), dengan peserta Pejabat Daerah di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota/Provinsi se-Indonesia.

Nara Sumber webinar ini menghadirkan Pakar Ekonomi sekaligus Komisaris Utama PT Pos Indonesia, Rhenald Kasali, Walikota Bogor, Bima Arya, dan Perwakilan dari BI, Yuswo Hady.

Dalam paparannya, Yuswo Hady mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan tahun gelap, dan akhir tahun 2020 memasuki titik terang karena vaksin sudah disuntikkan. Lalu, tahun 2021 ini masuk pada tahun transisi atau masa wait and see.

Namun demikian, setiap leader didaerah yaitu bupati, walikota dan gubernur harus dipersiapkan dari November dan Desember ini bagaimana bisa mencuri start lebih awal. Setiap leader di daerah tersebut harus bisa mencuri start 5 bulan di awal tahun 2022, karena pada masa post-pandemic ini sangat menentukan masa depan suatu Kabupaten, Kota, atau Provinsi.

“Daerah yang memiliki potensi unggulan bidang pariwisata siapkan seoptimal mungkin, yang memiliki unggulan dibidang UMKM segera berbenah, karena pada masa ini sangat menentukan kemajuan suatu Kabupaten, Kota, atau Provinsi,” ujar Yuswo.

Sementara itu, Rhenald Kasali mengatakan bahwa cara mempercepat pemulihan yaitu dengan cara buatlah action plan dengan visi yang jelas, bekerja dengan prioritas (hukum pareto), dan mulai dari hal kecil yang berdampak besar. (IR-09)

Foto : Yuswo Hady saat memberikan paparan. (IR-09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *