Dugaan Terjadi Pelecehan Sepakbola Di Australia

Dugaan Terjadi Pelecehan Sepakbola Di Australia

Australia (IReportase) – Otoritas sepak bola di Australia (Football Australia) telah mendesak para pemain untuk mengajukan keluhan resmi dalam setiap kasus pelecehan seksual atau pelanggaran setelah salah seorang pencetak gol internasional terkemuka negara itu menuduh bahwa dirinya telah dipersiapkan dan dilecehkan oleh sejumlah pemain senior di awal kariernya.

Baca juga berita VOA lainnya : Pele Jalani Kemotrapi

Lisa De Vanna, yang bermain di 150 pertandingan untuk Australia dan berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional perempuan dengan 47 gol, mengatakan bahwa ia pertama kali mengalami pelecehan dan intimidasi pada tahun 2001 ketika ia bergabung dengan tim nasional perempuan pada usia 17 tahun.

Ia mengatakan kepada surat kabar Daily Telegraph Sydney bahwa ia pernah disergap dari belakang oleh beberapa rekan setimnya dan berusaha membebaskan diri dari mereka dengan menendang dan berteriak.

”Mereka pikir itu lucu. Saya hanya seorang anak muda dari Perth, saya tidak tahu bedanya. Saya … ingin meninju mereka,” kata De Vanna. “Sebagai orang muda dan pemain, saya tidak tahu bagaimana mengatasi ini … tetapi ini masih terjadi di semua tingkatan dan inilah saatnya untuk berbicara.”

De Vanna mengumumkan tuduhannya setelah mencuatnya skandal di Amerika Serikat, di mana Liga Sepak Bola Perempuan Nasional (NWSL) membatalkan pertandingan pada akhir pekan lalu dan komisarisnya mengundurkan diri di tengah tuduhan pelecehan seksual dan pelanggaran lainnya yang melibatkan seorang pelatih lama.

Football Australia mengatakan telah bertemu dengan De Vanna dan ”mendengar keluhannya” tetapi tuduhan spesifik tidak diangkat pada pertemuan tersebut.

“Jika Lisa (De Vanna) memilih untuk mengajukan keluhan resmi melalui saluran yang sesuai, kami akan berada dalam posisi untuk menyelidiki dan, jika perlu, mengambil tindakan yang sesuai,” kata Football Australia dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa malam. “Kami mendorong siapa pun untuk menyampaikan keprihatinan mereka melalui proses pengaduan resmi ke Football Australia.”

[ab/uh]

Berita : VOA

Foto : Ilustrasi. (Google Images)

Link terkait : https://www.usagmdirect.com/#ItemDetail/1/16/6259331/1

Editor : Heru Fachrozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *