Muara Enim Terima 30 Beasiswa STTD

Muara Enim Terima 30 Beasiswa STTD

MuaraEnim (IReportase) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim belum lama ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) yang menyepakati bahwa Kabupaten Muara Enim mendapatkan beasiswa belajar di Perguruan Tinggi (PT) ikatan dinas ini untuk jatah 30 beasiswa untuk putra putri terbaik dari Kabupaten Muara Enim yang lulus seleksi.

Sebanyak 30 beasiswa belajar di STTD Bekasi Jawa Barat tersebut disampaikan Kepala Bidang Transportasi dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Muara Enim Ahmad Junaini usai rapat dengan Penjabat (Pj.) Sekda Muara Enim Emran Thabrani dan Perangkat Daerah Pemkab Muara Enim terkait dituangkan dalam draf MoU untuk jangka waktu 12 tahun artinya selama masa tahun ini Kabupaten Muara Enim mendapatkan kuota 30 beasiswa belajar gratis di PT milik Kemenhub RI. “Dan tahun ini 5 orang peserta lulus seleksi kuliah di STTD,” sebutnya.

Kemudian lanjut Ahmad Junaini yang tercatat sebagai alumni STTD ini mengatakan semula program pola pembibitan (polbit) semula masuk dalam program Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muara Enim dan Dinas Perhubungan Muara Enim, akan tetapi ternyata sikron dengan Program Pemuda Berprestasi di Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Muara Enim.

Dengan demikian, nantinya dikuatkan dengan Peraturan Bupati (Perbup) maka Pemkab Muara Enim akan mensupport segala kebutuhan mahasiswa polbit dari Kabupaten Muara Enim yang sifatnya membiayai untuk kebutuhan nonakademik mulai dari pemondokan, uang makan awal hingga kebutuhan alat tulis.

Sedangkan untuk 5 formasi beasiswa untuk program polbit Kabupaten Muara Enim akan mengeyam pendidikan pada program studi Transportasi Darat Sarjana Terapan (D-IV) sebanyak 2 orang, Manajemen Transportasi Jalan (MTJ-D-III) sebanyak 2 orang dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP-D-III) sebanyak 1 orang.

“Dengan pola pembibitan atau polbit ini, mahasiswa yang kuliah di STTD wajib balik ke Kabupaten Muara Enim setelah lulus untuk mengabdi sebagai PNS,” ujar Ahmad Junaini.

Sementara itu Pj. Sekda Muara Enim saat memimpin rapat terkait di Ruang Bupati Muara Enim, Kamis (22/07), meminta jajarannya untuk memantapkan rancangan Perbup terkait polbit STTD, membuat rincian biaya pertahun dan merevisi MoU perihal penempatan. (IR-01)
Foto : Rapat pembahasan polbit STTD. (HumasDishubMuaraEnim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *